Knowledgebase: Management
Organize Yourself First!
Posted by Guruh Mandala, Last modified by Mejery Zulandy on 06 August 2009 06:48 PM

Organize Yourself First!

Tukang masak yang baik atau bahkan para ibu yang suka memasak biasanya punya kebiasaan menata bahannya di tempat yang pasti. Menaruh merica di sini, menaruh garam di sana, daging di sana, pisau di sini dan seterusnya. Semuanya dalam satu tempat yang pasti. Teratur di lokasi yang sudah ditentukan.

Nah, yang menarik adalah biasanya ketika seorang tukang masak dipindah ke tempat tukang masak lain, dia akan menjadi tidak efektif. Dia bingung mencari garamnya, mericanya di mana, di mana minyak gorengnya. Bingung. Tidak berjalan dengan mulus. Bila biasanya dia masak 30 menit, harus menjadi 60 menit. Dan ditambah rasa tidak nyaman, "Lho ini kecap apa? Berbeda dengan biasa saya pakai, rasanya nanti pasti lain."

Nah belajar melihat peristiwa tukang masak ini kita bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan kerja kita. Apakah kita sudah menaruh semuanya ke tempat yang tepat? Buku kerja di laci yang tepat. File-file di komputer sudah tertata bahkan handphone diletakkan pada tempat yang terjangkau. Atau dokumen-dokumen yang kita butuhkan sudah siap untuk mengambil keputusan nanti siang tentang penawaran untuk perusahaan lain.

Maka segalanya harus diatur lebih dahulu. Bilamana segalanya kacau maka akan sulit untuk melaksanakan tugas kita dengan baik. Bila kita sudah menyiapkan dengan sebuah keadaan terorganisir rapi maka hal itu akan menunjang kesuksesan kita.

Maka orang selalu bilang, "Asahlah kapakmu sebelum menebang." Setelah kapak diasah maka sempurnalah memulai menebang kayu. Demikian juga dengan bekerja. Sebelum kita bekerja keras mati-matian, maka kita harus dulu melakukan 'organize yourself first' atau mengorganisasikan diri anda dulu dengan segala atribut dan barang-barang anda butuhkan.

Sering kita lupa, karena hanya melakukan dan melakukan terus menerus tanpa pernah memperbaiki diri dengan mempersiapkan diri dengan segalanya untuk lebih baik terlebih dahulu.
(243 vote(s))
Helpful
Not helpful

Comments (0)
Post a new comment
 
 
Full Name:
Email:
Comments:
CAPTCHA Verification 
 
Please enter the text you see in the image into the textbox below (we use this to prevent automated submissions).