Knowledgebase: Computer
Cara menghilangkan Spyware/Malware Di PC Anda
Posted by Guruh Mandala, Last modified by Guruh Mandala on 19 November 2010 11:31 AM
Bagaimana Mengamankan PC Anda Supaya Aman dan Mencegah Masuknya Spyware/Malware ke PC Anda



Berikut ini adalah beberapa tips yang berharga untuk guna menjaga PC Anda agar aman dan memastikan bahwa PC Anda tidak akan terinfeksi kembali oleh malware.


 Backup:


Hal ini sangat penting agar Anda dapat membuat backup secara teratur,  sehingga apabila PC Anda bermasalah maka dapat menggunakan setinggan Backup yang sudah dibuat terlebih dahulu


Backup Registry dengan Program ERUNT Klik Erunt.exe untuk membuat cadangan registri Anda ke folder pilihan Anda.

Catatan: untuk memulihkan registri Anda, pergi ke folder dan mulai ERDNT.exe




Sekarang membuat sebuah System Restore Point baru

Download SysRestorePoint ke desktop Anda dan unzip ke folder sendiri saja.
  •  Double klik SysRestorePoint.exe sehingga kita dapat membuat sebuah sistem baru restore point.
  • Sebuah kotak akan muncul setelah telah membuat sebuah titik yang baru, biasanya setelah beberapa detik. Tutup jendela itu dan keluar dari program.


  • Simpanlah backup file-file penting Anda - Mulai dari sekarang, karena  hal ini sangat penting untuk melindungi file2 digital dan foto2 kenangan. Sebagai informasi tambahan bahwa Artikel di Knowledgebase ini penuh dengan informasi yang baik dan berguna  untuk solusi backup alternatif untuk perumahan



Jika Anda menjalankan Windows Vista Premium, Business atau Ultimate Anda memiliki kemampuan untuk mengatur backup otomatis file Anda.
  • Klik Start> All Programs> Accessories System Tools> Backup Status> dan Konfigurasi
  •  Klik back-up file, kemudian ikuti langkah-langkah dalam wizard.
  •   Pilih mana Anda ingin kembali ke ... lain partisi, harddisk, CD atau DVD.
  •  Pilih file yang ingin dibuat cadangan:

     Gambar, Musik, Video, E-mail, Dokumen, dll


  • Pilih seberapa sering membuat Backup:

     Harian, Mingguan atau Bulanan.


  •  Pilih hari / waktu
    Kemudian klik Pengaturan Simpan dan Keluar.


Untuk mengembalikan file (File Restore):

Klik Kembalikan file/ Restore dan kemudian ikuti langkah-langkah dalam wizard.


Catatan:
Kemampuan untuk mengatur backup otomatis tidak termasuk dalam Windows Vista Home Basic, namun, Windows secara berkala akan mengingatkan Anda untuk membuat backup file Anda. Ini BUKAN dianjurkan untuk backup ke drive yang sama dengan Sistem Operasi Anda berada, tetapi ke Hardisk atau media lainnya.




Sekarang jika Anda pernah punya masalah PC (PC Terinfeksi Malware/Spyware), maka Anda dapat dengan mudah harus dapat mengembalikan PC Anda ke waktu sebelumnya.



Program Peer-to-Peer (P2P) :


Program P2P (Peer-to-peer) misalnya: LimeWire, Bitlord, Kazaa, Bittorrent adalah cara yang paling umum untuk menginfeksi komputer-komputer yang melakukan download program bajakan/crack/keygen. Sebagian besar infeksi yang kita lihat dalam forum Penghapusan Malware adalah karena orang yang menggunakan program P2P untuk men-download program bajakan / keygens / warez.Ini bukan hanya ilegal, tetapi selalu akan berisi beberapa bentuk malware/spyware

Anda tidak memiliki cara untuk memverifikasi bahwa hal-hal yang Anda download secara sah atau bahwa program bajakan/keygen/patch/crack tersebut tidak mengandung malware.
Bahkan dengan up to date anti-virus dan firewall, hal ini masih akan menulari Anda. Karena alasan tersebut di atas, maka kami  sangat menyarankan agar Anda menghapus semua program P2P (peer-to-peer), karena hal ini tidak layak untuk dipertaruhkan


Catatan:

Cara umum lainnya bagaimana PC Anda dapat terinfeksi malware adalah beberapa situs terkemuka memaksa Anda untuk men-download dan menginstal codec.  Atau virus dengan menggunakan program Instant Messaging (YM, MSN, AIM) untuk mengirim file mengklaim itu menjadi "foto" dari teman, hanya untuk itu berubah menjadi virus.



Program Keamanan:


Di jaman serba Internet sekarang, ada baiknya Anda memiliki beberapa program keamanan yg diinstal dan berjalan di mesin PC Anda. Namun, ada beberapa peringatan yaitu: Anda tidak perlu menginstal lebih dari satu macam anti-virus atau firewall di dalam 1 PC. Ini  akan menyebabkan banyak masalah untuk PC Anda nantinya.

  •  Sangat penting untuk memiliki program anti-spyware yang baik.Kami sangat merekomendasikan MalwareBytes Anti-Malware dan SUPERAntiSpyware

  •  SpywareBlaster melindungi terhadap ActiveX buruk, kebal PC Anda terhadap mereka.

  •  SpywareGuard menawarkan perlindungan realtime dari upaya instalasi spyware. Pastikan Anda hanya menjalankan satu real-time anti-spyware program perlindungan (misalnya: TeaTimer, Windows Defender) atau akan ada konflik.


  • Beberapa firewall GRATIS baik yang Online Armor atau Outpost atau Sunbelt Personal Firewall .
    Pastikan Anda hanya menggunakan satu firewall sekalipun. Sebuah tutorial pada pemahaman dan menggunakan firewall dapat ditemukan di sini .


  • Berikut adalah beberapa anti-virus program yang baik, pastikan Anda hanya menggunakan satu meskipun:
    AntiVir or avast! or AVG . AntiVir atau avast! atau AVG .


Hal penting lainnya adalah agar selalu menjaga program-program anti virus/ anti malware di atas agar selalu up to date. Saya akan merekomendasikan paling sedikit melakukan update 2 Minggu sekali (setiap 14 Hari).



Internet Browser:



Memilih browser Internet yang benar sangat penting. Dan Anda perlu menemukan satu yang sesuai dengan kebutuhan Anda,
  • Browser Mozilla Firefox adalah fantastis, seperti Opera. Keduanya jauh lebih aman daripada Internet Explorer, kebal terhadap hampir semua pembajak dikenal browser, dan juga memiliki yang terbaik built-in pop up blocker (sebagai manfaat tambahan!) Yang pernah Saya lihat.  Jika Anda tertarik, Firefox bisa di-download dari Di sini Sementara Opera dapat didownload dari sini .


Jika Anda memilih untuk menggunakan Firefox, saya sangat menyarankan add-ons untuk menjaga PC Anda bahkan lebih aman.
  • NoScript - untuk memblokir iklan dan lainnya serangan website potensial
  • McAfee SiteAdvisor - ini memberitahu Anda apakah situs yang akan Anda kunjungi aman atau tidak.Sebuah keharusan jika Anda melakukan banyak Googling





Meskipun, jika Anda lebih memilih tinggal dengan Internet Explorer Saya sangat menyarankan Anda melakukan hal ini:

Membuat Internet Explorer lebih aman
  • Klik Start> Run
  • Ketik Inetcpl.cpl & klik OK
  • Klik pada tab Keamanan
  • Klik Reset semua zona ke default tingkat
  • Pastikan Zona Internet dipilih & Klik Tingkat Kustom
  • Pada bagian ActiveX, mengatur dua opsi pertama ("Download unsigned ActiveX ditandatangani dan kontrol) ke" Prompt ", dan (" Inisialisasi dan Script ActiveX kontrol tidak  ditandai sebagai aman ") ke" Disable ".
  •  Selanjutnya Klik OK, kemudian tombol Apply lalu OK untuk keluar dari halaman Internet Properties.



Langkah Tambahan / Ekstra:


Berikut adalah beberapa langkah yang kami sangat merekomendasikan

  • OpenDNS adalah fitur yang sangat berharga bahwa kami sangat mendukung di sini.. Ini memberikan PC manfaat keselamatan tambahan dan kecepatan browser meningkat. Mengaktifkan ini membutuhkan hampir setiap saat dan tidak rumit sama sekali, bahkan pengguna pemula akan dapat mengaturnya dengan panduan di bawah ini.

    Keuntungan lain besar menggunakan OpenDNS adalah bahwa hal itu blok phishing website dari loading pada komputer Anda, ini menggunakan data dari PhishTank, sebuah situs komunitas yang juga digunakan oleh Yahoo! Mail untuk menentukan jika beberapa website tertentu adalah bagian dari penipuan phishing online.

    Untuk mengatur ini hanya memiliki melihat-mudah menggunakan panduan- sini


  • Ada program tertentu yang kerentanan keamanan, direkomendasikan bahwa Anda tetap semuanya diperbarui.   Dua dari kerentanan utama Java dan Adobe Reader.  Anda dapat menemukan versi terbaru dari JAVA sini , Anda akan ingin Java SE Runtime Environment (JRE) satu.. Pastikan untuk menghapus semua versi sebelumnya dari Jawa juga karena mereka dapat dieksploitasi.

    Anda juga dapat menemukan versi terbaru dari Adobe Reader di sini


    Saran:

    Foxit adalah program PDF alternatif yang gratis. Menggunakan sumber daya sistem yang lebih sedikit dan tidak rentan terhadap eksploitasi yang mempengaruhi Adobe Reader.  Menyediakan fungsi PDF penuh, Foxit dengan cepat menjadi PDF reader pilihan bagi banyak orang.  Dapatkan di sini


  • Lakukan pengupdatean  Windows secara berkala/teratur di:
    http://windowsupdate.microsoft.com/ http://windowsupdate.microsoft.com/
    Ini akan memastikan agar komputer Anda selalu update keamanan terbaru yang tersedia diinstal pada komputer Anda.


  • FileHippo Update Checker adalah program yang sangat bermanfaat yang akan memberitahu Anda yang program Anda perlu diperbarui. Ini penting untuk menjaga seluruh program Anda agar selalu up to date sehingga malware tidak bisa mengeksploitasi celah keamanan ini.


  • Recovery Console - tren terbaru tampaknya menunjukkan bahwa infeksi di masa depan akan mencakup serangan ke sektor boot dari komputer.  Instalasi dari Recovery Console di komputer akan satunya pertahanan kita terhadap ancaman ini.Untuk informasi lebih lanjut dan langkah-langkah untuk menginstal Recovery Console lihat Pasal ini . Jika Anda membutuhkan bantuan untuk menginstal Recovery Console, jangan ragu untuk bertanya.


Topic Lanjutan:


Berikut adalah saran yang dianggap agak rumit bagi pengguna rata-rata, jadi Saya hanya merekomendasikan mereka jika Anda tahu apa yang Anda lakukan atau memiliki keinginan untuk belajar prosedur yang lebih rumit. Beberapa program-program yang tercantum di bawah produk berbayar, Saya telah mencoba menggunakan alternatif gratis namun tidak selalu memungkinkan.

Saya juga mencoba untuk link ke tutorial untuk masing-masing alat yang direkomendasikan.
 Tutorial ini bukan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana untuk menggunakannya


Image Backup

Apakah yang dimaksud dengan Image Backup? Sederhananya, ia akan back up semua data Anda ke dalam satu file, termasuk data sistem dan registry, yang memungkinkan Anda untuk melakukan yang mudah, cepat, dan PC lengkap harus mengembalikan komputer Anda pernah crash.

Berikut adalah beberapa saran

DriveImage (rekomendasi pribadi saya, juga gratis)
Acronis
Macrium Reflect


Limited User Account

Menggunakan Limited User Account dapat membantu mengurangi efek dari malware dan lain hal-hal yang merusak potensi untuk PC Anda.
Sebuah account Limited User memungkinkan Anda menggunakan sebagian besar kemampuan komputer, tetapi hanya Administrator dapat membuat perubahan yang mempengaruhi pengguna lain dari komputer.

Dengan membaca artikel berikut untuk instruksi rinci lebih lanjut tentang cara untuk pergi tentang pengaturan itu

Klik


Tip: semacam ini rekening akan sangat menguntungkan bagi penggunaan di kalangan anak-anak dalam keluarga Anda, atau di antara mereka yang tidak comp cerdas yang memiliki akses ke PC Anda.



DropMyRights

Program berikut ini hanya untuk digunakan pada pada XP mesin Windows, Program ini tidak diperlukan pada Windows Vista atau Windows Server 2008, karena oleh pengguna default tidak administrator.

Hal ini dapat didownload dari sini


Program ini sangat meningkatkan keamanan Windows XP dengan menjalankan program-program yang dipilih dalam lingkungan yang terbatas (misalnya, dengan hak lebih rendah) bahkan ketika login ke Windows XP sebagai Administrator.   Program ini hanya blok mereka dari melakukan fungsi keamanan-melanggar tertentu.

Anda dapat menemukan panduan di sini tentang cara menggunakannya di sini



Program Sandbox

Salah satu bentuk perlindungan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk PC anda adalah program sandbox. Dalam teori laymans, apa yang mereka lakukan adalah membiarkan Anda menginstal dan menjalankan program dalam lingkungan virtual, sehingga setiap perubahan yang dilakukan akan terjadi dalam lingkungan virtual dan tidak di PC nyata.

Jadi, jika PC Anda adalah untuk mendapatkan terinfeksi oleh sepotong malware sementara di pengaturan ini virtual, atau hal lain yang dapat merusak mesin, yang harus Anda lakukan adalah menutup sesi ini virtual, reboot PC, dan akan kembali normal .



Berikut adalah program sandbox beberapa yang Saya sarankan :

Returnil
Sandboxie 



HIPS

Program-program ini dapat bertentangan dengan perlindungan keamanan lain program-program anda. Jika hal ini terjadi (misalnya: Anda melihat BSODs besar memperlambat atau) kemudian uninstall mereka.


HIPS (Host Intrusion Prevention System Berbasis) dianggap sebagai salah satu langkah terbaik dalam melindungi PC Anda.  Apa program ini dilakukan adalah mencegah perubahan yang dilakukan ke PC Anda dengan sumber-sumber yang tidak sah. Hal ini memungkinkan Anda untuk sangat dekat memantau apa yang berjalan pada PC Anda.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi

ProcessGuard ProcessGuard
ThreatFire (ada tutorial terletak di link ini juga)
DriveSentry (ini adalah firewall sehingga akan konflik dengan firewall lain)


Sekarang setelah semua langkah ini, PC Anda akan sangat aman. Namun penting untuk dicatat bahwa Anda masih bisa mendapatkan terinfeksi jika Anda tidak berhati-hati.  Salah satu program keamanan terbaik yang dapat Anda miliki adalah akal sehat. Sebagai malware menjadi lebih canggih, Anda harus lebih waspada. Jika Anda tertangkap meskipun dan cant langkah diatas membantu memperbaikinya, kita akan berada di sini untuk membantu Anda
 
(88 vote(s))
Helpful
Not helpful

Comments (2)
michael Rati
22 May 2013 10:37 AM
bagi pemula spt sy sangat membantu
aris
09 January 2014 10:27 PM
bang bisa tolong emailin cara memulihkan komputer yang tdk bs d gunakan internetan. Padahal sebelumnya bisa. terus sebelumnya ketika browsing pasti d layar muncul iklan itu2 aj. Apakah itu malware? Gmn cara hilangkannya? Thanks
Post a new comment
 
 
Full Name:
Email:
Comments:
CAPTCHA Verification 
 
Please enter the text you see in the image into the textbox below (we use this to prevent automated submissions).